Home

Profile

Penerbangan

Fast Boat

Transfer Service

Hotel & Villa's

Lombok Rent Car

Sitemap

 

Selamat Datang di Website EO Lombok Travel, Kami Melayani Berbagai Macam Paket Tour ke Lombok dan Pulau Komodo, Rinjani Trekking, Tiket Kapal/Fast Boat Cepat Bali Lombok, Rent Car, Voucher Hotel dan Villa di Lombok dll.!!

 

 

Follow us at :

PULAU LOMBOK

TUJUAN TOUR DI LOMBOK

Tour Alam Lombok

Tour Bahari Lombok

Tour Budaya Lombok

Tour Kerajinan Lombok

Tour Makam Wali Lombok

FESTIVAL BUDAYA LOMBOK

PAKET LOMBOK TOUR SEHARI

PAKET TOUR DI LOMBOK

Lombok Tour 5h/4m

Lombok Tour 4h/2m

Lombok Tour 3h/2m

Lombok Tour 2h/1m

PAKET MEETING DI LOMBOK

PAKET OUTING DI LOMBOK

Paket Outbound 3h/2m

Paket Gathering 3h/2m

Paket Amazing Race 3h/2m

Paket Rafting 4h/3m

PAKET TOUR ISTIMEWA

Paket Honeymoon 4h/3m

Paket Pantai Pink 4h/3m

Paket Snorkeling 4h/3m

Paket Diving 3h/2m

Paket Air Terjun 4h/3m

Paket Gili Nanggu 3h/2m

Paket Main Golf 3h/2m

Paket Ziarah Makam 4h3m

Paket Tirta Yatra 4h/3m

Paket Memancing 3h/2m

Paket P. Kenawa 4h/3m

Paket P. Moyo 3h/2m

PULAU KOMODO

PAKET KOMODO TOUR

Komodo Cruise 6h/5m

Komodo Cruise 4h/3m

Komodo Sailing 5h/4m

Komodo Overland 5h/4m

Komodo Via L. Bajo 4h/3m

Komodo Via L. Bajo 3h/2m

GUNUNG RINJANI 3726 M

PAKET TREKKING RINJANI

Trekking ke Puncak 5h/4m

Trekking ke Danau 5h/4m

Trekking ke Tebing 4h/3m

PHOTO GALLERY

LINK KE KAMI

PARTNER LINK

SYARAT & KETENTUAN

CARA PEMBAYARAN

HUBUNGI KAMI

 

Payment:

 
 

 

Valid CSS!

SITE NETWORK

Lombok Travel Information

Komodo Travel Information

Rinjani Trekking Information

Paket Wisata ke Lombok

Kapal Cepat  Information

Lombok Rental Car

 

 

 

TOUR ALAM DI LOMBOK

 

Selamat datang di EO. Lombok Travel, Kami menawarkan informasi lengkap tentang tujuan tour alam di Lombok sebagai berikut :

 

1. Air Terjun Sindang Gile dan Tiu Kelep

 

Air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep adalah air terjun yang terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya berada di kawasan desa Senaru, 2 kilometer dari desa Bayan. Objek wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Ini disebabkan karena air terjun ini merupakan pintu masuk pendakian menuju gunung Rinjani. Selain itu, ternyata air di Sendang Gile berasal dari mata air di Gunung Rinjani yang sangat sejuk dan alami.

Untuk menuju ke tempat ini, para pengunjung harus melalui dua ratusan anak tangga yang mencapai ketinggian 40 meter, dan jembatan berlubang melalui sebuah lembah yang membutuhkan waktu penjelajahan sekitar 15 menit. Perjalanan alternatif juga bisa dilakukan dengan cara menyelusuri pinggir lembah yang agak curam dan mengikuti saluran irigasi serta menyeberangi jembatan yang terbuat dari rotan.
 

Sindang Gile Tiu Kelep


Air terjun ini sering juga di sebut oleh penduduk setempat sebagai Batu Ko’ (batu kerbau). Menurut cerita rakyat setempat, dulu Sendang Gile adalah tempat bidadari mandi ketika turun ke bumi. Ada juga yang berpendapat bahwa nama ini berasal dari seseorang yang menemukan air terjun ini secara tidak langsung saat memburu singa yang masuk ke hutan setelah mengacaukan sebuah kampung. Penduduk kampung setempat menyebut singa gila dengan sebutan sengang gile, namun, lambat laun pelafalan tersebut menjadi sendang gile. Para penduduk percaya bahwa mandi ataupun membasuh muka di air terjun Sendang Gile, akan membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun daripada usia sebenarnya.

Air terjun yang berketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter dari dasar sungai ini memiliki dua tingkatan, tingkat pertama muncul di atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya, sedang tingkat kedua, di mana pada kolam tersebut air meluncur ke bawah dan membentuk sungai dibawahnya

 

2. Air Terjun Tirta Gangga

 

Air terjun Tirta Gangga merupakan satu diantara sekian banyak keindahan alam yang ada di Pulau Lombok. Ketinggian air terjun Tirta Gangga mencapai ± 35 meter, lokasinya terletak di Dusun Kertaraharja, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabuten Lombok Utarak berjarak ± 42 km dari Kota Mataram. Perjalanan memasuki kawasan air terjun Tirta Gangga akan tersaji suasana khas pedesaan dengan pemandangan berupa bukit-bukit yang menjulang tinggi, pepohonan yang tampak hijau dari kejauhan, kebun-kebun warga yang tanamannya terlihat subur, pemukiman warga dan area persawahan. Desa Genggelang yang menjadi lokasi destinasi wisata ini merupakan sebuah desa yang subur dan kaya akan hasil alam terutama komoditi perkebunan. Komoditi perkebunan yang dihasilkan berupa kelapa, kopi, kakao, cengkeh dan buah-buahan seperti pisang, durian, manggis, alpukat, dll. Sebagian besar hasil alam yang dihasilkan biasanya dijual langsung kepada para pembeli yang datang ke desa ini. Air terjun Tirta Gangga berkah Tuhan lainnya yang dimiliki desa ini, untuk sampai di lokasi air terjun pengunjung harus melewati beberapa anak tangga yang cukup menanjak. Cukup melelahkan tetapi semua akan terbayar dengan keindahan pemandangan alam sekitar yang menyertai hingga sampai ketempat yang dituju. Suara gemercik air dari beberapa sumber mata air memberikan ketenang, gemuruh jatuhnya air dari Tirta Gangga sudah terdengar jelas menyapa, rimbunnya pepohonan menyuguhkan suasana sejuk, petak-petak sawah yang tersusun rapi dan pemandangan laut dikejauhan sana menjadi sajian istimewa dari tempat ini.

 

Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Tirta Gangga Air Terjun Tirta Gangga

 

Tirta Gangga memiliki 2 lokasi air terjun. Air terjun di lokasi pertama memiliki karakteristik yang melebar, curahan air tejunnya begitu besar, di bawah air terjunnya terdapat genangan air yang menyerupai kolam yang kedalamannya mencapai 1 meter dan terdapat pula sebuah jembatan sebagai jalan penghubung. Sedangkan di lokasi kedua yang hanya berjarak beberapa puluh meter dari lokasi pertama memiliki karakteristik yang cukup unik karena lokasinya yang tersembunyi, diapit diantara dua tebing sehingga menyerupai mulut goa, sumber air yang membentuk air terjun dilokasi yang kedua merupakan pecahan aliran air dari air terjun yang pertama, jatuhnya air tertutup oleh dinding tebing bebatuan, dinding tebing bebatuannya banyak ditumbuhi lumut dan tumbuhanan lainnya serta terdapat pula genangan air menyerupai kolam. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan ditempat ini, mulai dari hanya sekedar duduk menikmati keindahan alam, mandi dan berenang di lokasi air terjun, berjalan-jalan diantara pematang sawah hingga melakukan soft trekking

 

3. Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel

 

Air Terjun Benang Kelambu berada di bagian atas hulu dari Air Terjun Benang Stokel. Air terjun ini keluar dari sela-sela pohon gambung yang rindang dengan enam deret titik air tercurah dari atas bukit mirip dengan kelambu/ tirai. Karena itulah air terjun ini disebut Benang Kelambu.

Di kawasan Air Terjun Benang Kelambu ini terdapat dua kelompok air terjun, keduanya bersumber dari mata air. Kelompok pertama berada di sebelah kiri jika kita turun dari undakan jalan tangga dan terdiri atas dua terjunan air. Sedangkan kelompok kedua, yang menjadi air terjun utama, berada tepat di depan jika kita turun dari undakan jalan tangga. Kelompok kedua ini terdiri atas empat terjunan air.
 

Benang Kelambu Benang Stokel


Kedua kelompok air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 m dan mempunyai dua hingga tiga tingkatan. Dari tingkatan pertama (titik teratas) yang berketinggian sekitar 30 m curahan air tidak langsung terjun ke kolam, melainkan jatuh ke tingkatan dibawahnya, dimana terdapat tiga susunan batu yang disinggahinya sebelum akhirnya mencapai kolam. Batu lebar berbentuk ceper ini, menahan air terjun sebelum jatuh ke piringan ke tiga hingga ke kolam, sehingga airnya tidak terlalu keras menghantam. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang bisa langsung mandi di bawah air terjun ini. Konon menurut kepercayaan masyarakat setempat, setiap kali mandi di tempat ini akan membuat orang keliatan satu tahun lebih muda.

 

4. Air Terjun Mangku Sakti

 

Air terjun mangku sakti mungkin masih terdengar asing bagi para pecinta wisata alam,air terjun ini berlokasi di desa sajang, sembalun, Lombok timur, NTB. Air terjun mangku sakti ini terletak di kaki gunung rinjani, menurut salah satu warga sekitar mangku sakti itu berarti penunggu yang ilmu nya mumpuni alias sakti, mangku dalam bahasa lombok atau sasak berarti tetua .

Asal mula nama air terjun mangku sakti ini adalah dahulu kala ada seorang mangku, menurut warga sekitar mangu tersebut bernama titi kastura yang bertugas menjadi juru kunci dikaki gunung rinjani. Pada waktu itu warga menjulukinya dengan nama mangku gunung yang dalam bahasa indonesia berarti penjaga gunung. Mangku gunung tersebut ditemani oleh seekor kuda yg oleh warga sekitar kuda tersebut bernama kuda sembrani.
 

Air Terjun Mangku Sakti


Setelah mangku tersebut meninggal, warga menemukan sebuah air terjun di kaki gunung rinjani di desa sajang, sebuah air terjun yang kiri kanannya di apit oleh bebatuan. Konon, saat warga menemukan air terjun tersebut, di sisi kiri air terjun yg tersusun oleh bebatuan membentuk sebuah wajah, yang tak lain oleh para warga sekitar diyakini sebagai wajah sang mangku, oleh karena itu air terjun tersebut kemudian di namakan sbg air terjun mangku sakti.

Air terjun mangku sakti ini dialiri oleh air yg tercampur dengan belerang,air terjun ini berketinggian kurang lebih 40m. Jika di air terjun lain anda bisa merasakan langsung deburan air terjunnya, namun disini tidak disarankan untuk mencoba, karna deburan jatuhnya air terjun tersebut membentuk semacam kolam seluas 15 m dalamnya sekitar 2 - 4m. Jadi anda bisa merasakan dinginnya air belerang tersebut sambil berenang.

Terdapat juga jump spot buat anda yg mau mencoba keberanian terjun ke kolam air terjun, jump spot nya sekitar 5m. Dibagian bawah aliran air terjun juga anda masih bisa menikmati spot lain buat sekedar berendam atau bahkan melompat terdapat semacam air terjun mini.

 

5. Air Terjun Otak Kokok

 

Air Terjun Otak Kokok adalah air yg Keluar Dari Akar Pohon yang Berumur Ratusan Tahun
Salah satu tempat wisata yang pas untuk Anda kunjungi jika anda liburan ke Lombok adalah Air Terjun Otak Kokok atau yang sering disebut Air Terjun Joben. Air terjun ini berada di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Objek wisata ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter, di mana air terjunnya keluar dari akar pohon banjur yang sudah berumur hingga ratusan tahun.

Nama Otak Kokok, dalam bahasa sasak yang artinya sumber air atau bisa di artikan hulu sungai. Konon menurut masyarakat sekitar, air terjun ini merupakan salah satu tempat air terjun yang berkhasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dengan mandi dibawah air terjun ini kemudian apabila air yang menerpa tubuh Anda berubah menjadi putih seperti putih susu maka tubuh Anda tersebut terdapat penyakit dan apabila terus di guyur dengan air terjun itu maka penyakit Anda akan segera sembuh.
 
Air Terjun Otak Kokok


Objek wisata lombok timur ini sangat cocok untuk liburan keluarga karena memang menyajikan 2 kolam pemandian untuk anak-anak dan juga orang dewasa, untuk tiket masuk dihargai Rp. 5.000 per orang. Tidak adanya aturan bagi anda untuk memakai baju renang di tempat ini akan tetapi berbusanalah yang sopan karena memang warga lombok sangat memegang teguh kultur keagamaan. Aneka berugak telah disediakan berada tepat di pesisir kolam sebagai wadah beristirahat atau melepas penat setelah melakukan aktifitas berenang.

Berjarak sejauh satu jam dari kota Mataram ke arah utara melewati Lombok tengah maka sampailah kita di wilayah montong gading di wilayah desa montong betok lombok timur, tempat dimana objek wisata lombok timur ini berada, tingginya curah hujan membuat tempat ini terkenal dengan hawa dinginnya yang menyengat, bahkan pernah terdengar kabar ditahun 2015 bahwa adanya hujan salju ditempat ini. Objek wisata ini termasuk dalam objek wisata yang berada di bawah kaki gunung rinjani yang juga merupakan kawasan geopark yang dijadikan sebagai objek wisata taman terlindung, fasilitas dan jalan sudah tertata dengan baik.

 

6. Bukit Pergangsingan Dan Bukit Nanggi

 

Bukit Pergasingan mulai terkenal di kalangan wisatawan sekitar dua tahun terakhir. Terletak di Desa Sembalun, Lombok Timur, Bukit Pergasingan memiliki ketinggian sekitar 1700 mdpl. Pada zaman dahulu, Bukit Pergasingan dijadikan sebagai lokasi bermain gasing oleh masyarakat Sembalun. Gasing merupakan salah satu permainan tradisional suku sasak di Pulau Lombok.

Mendaki bukit pergasingan anda dituntut memiliki kekuatan fisik yang cukup, karena track yang lumayan menantang. Akan tetapi, para pendaki dapat menghilangkan rasa lelah dengan melihat keindahan Desa Sembalun dari ketinggian. Sawah penduduk terlihat seperti karpet permadani yang digelar rapi serta indah. Membutuhkan sekitar 2 jam pendakian untuk sampai puncak Bukit Pergasingan.
 

Bukit Pergangsingan Bukit Nanggi


Bukit Pergasingan merupakan spot yang sangat bagus untuk menikmati sunrise. Para pendaki bisa memulai pendakian selepas subuh agar bisa menikmati sunrise di puncak. Camping di puncak Bukit Pergasingan menjadi alternatif agar bisa menikmati sunset dan sunrise. Suasana malam di Bukit Pergasingan juga sangat indah.

Bukit Nanggi kini populer mengikuti Bukit Pergasingan. Dengan ketinggian 2.300 mdpl, Bukit Nanggi lebih cocok disebut gunung. Akan tetapi, karena bukit ini terletak di dekat Gunung Rinjani yang menjulang lebih tinggi sehingga masyarakat Lombok menyebutnya sebagai bukit.

Jalur menuju puncak Bukit Nanggi cukup menantang. Membutuhkan sekitar 6 jam untuk bisa mencapai puncak bukit. Mendaki Bukit Nanggi seolah seperti mendaki Gunung Rinjani hingga pos Pelawangan. Dari atas Bukit Nanggi kita bisa melihat keindahan Desa Sembalun dan Desa di wilayah Lombok Timur. Kita juga bisa melihat lautan dan bukit-bukit di Pulau Sumbawa nun di sana. Bukit Nanggi juga lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise dan sunset.

 

7. Tete Batu Sawah Bertingkat

 

Tetebatu memang layak disebut sebagai surga di kaki Gunung Rinjani, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Tengoklah pemandangan alamnya. Anda akan betah dan tak mau kemana-mana lagi, berharap waktu berhenti di Tetebatu. Dari Tetebatu, Anda bisa trekking sejenak ke air terjun Jukut dan air terjun Joben.

Sejauh mata memandang, Anda hanya akan melihat keindahan nuansa pegunungan di Tetebatu. Dari tempat ini terbentang pemandangan ke arah selatan Lombok, Gunung Rinjani di utara dan pemandangan laut saat menoleh ke arah timur. Tetebatu adalah tempat peristirahatan yang sempurna untuk wisatawan yang penat dan bagi yang ingin sementara singgah untuk meneruskan liburan di daerah Lombok Tengah. Suhunya yang dingin, membuat Tetebatu senantiasa sejuk. Langitnya seringkali ditutupi awan, matahari tidak pernah memancar dengan kuat. Redup dan tenang. Dengan nuansa alam seperti ini, sawah di Tetebatu cocok untuk bertani tembakau dan padi.
 

Tete Batu


Bagi yag suka berenang, acuhkan sementara dinginnya air di Tetebatu. Anda wajib menikmati berenang di sungai yang berkelok selepas trekking di kaki Rinjani untuk relaksasi. Suasana pedesaannya yang masih kental membuat Tetebatu tak pernah bisa dilupakan. Desa wisata ini berada di 700 meter dpl. Jika ingin menikmati keindahan Tetebatu dengan lengkap, Anda bisa menyewa sepeda kepada masyarakat setempat. Atau jika ingin lebih tradisional, Anda bisa naik cidomo menikmati keindahan suasana. Selain pemadangannya yang memukau, Tetebatu yang mayoritas dihuni oleh orang suku Sasak ini juga dikenal dengan atraksi budayanya yang menarik. Ritual-ritual tradisional masih sangat kental dilakukan di sini. Tidak itu saja, masyarakat Sasak di Tetebatu juga dikenal sebagai penghasil kerajinan tangan yang sangat laku di pasaran.

 

8. Gunung Rinjani, Segara Anak dan Aiq Kolak

 

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

 

Pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani yang sangat prospektif adalah Danau Segara Anak, lokasi ini dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun.

 

Gunung Rinjani, Gunung Baru, Danau Segara Anak dan Aik Kalaq



Untuk mengunjungi Danau Segara Anak dari jalur Senaru dibutuhkan waktu tempuh sekitar 7 – 10 jam berjalan kaki (± 8 Km) dari pintu gerbang jalur pendakian Senaru. Sedangkan dari jalur pendakian Sembalun ditempuh dalam waktu 8 – 10 jam. Danau segara anak dengan ketinggian ± 2.010 m dpl dan kedalaman danau sekitar ± 230 meter mempunyai bentuk seperti bulan sabit dengan luasan sekitar 1.100 Ha.

Disekitar Danau Segara Anak terdapat lahan yang cukup luas dan datar, dapat digunakan untuk tempat berkemping/berkemah, juga pengunjung bisa memancing ikan di danau atau berendam di air panas yang mengandung belerang.

Objek lainnya di sekitar Danau Segara Anak adalah Hulu Sungai Koko Puteq ± 150 meter dari Danau Segara Anak. Selain itu terdapat pula Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung, Goa Susu dipercaya dapat dijadikan media bercermin diri serta sering pula dipergunakan sebagai tempat bermeditasi. Sedangkan di bagian bawah Danau Segara Anak terdapat sumber air panas (Aik Kalak Pengkereman Jembangan) yang biasa digunakan untuk menguji dan memandikan benda-benda bertuah (Pedang, Keris, Badik, Tombak, Golok, dll) dimana jika benda-benda tersebut menjadi lengket apabila direndam itu menandakan benda-benda tersebut jelek/tidak memiliki kekuatan supranatural, sebaliknya apabila benda-benda tersebut tetap utuh berarti benda tersebut memiliki kekuatan supranatural/dipercaya memiliki keampuhan.

 

-o0o-

 

     

 

 

LOMBOK TRAVEL ONLINE ( LTO Tours )

Jl. Raya Senggigi Km. 12 Desa Senggigi Kec. Batu Layar

 Mataram -  Lombok Barat - NTB - Indonesia

Telpon / Fax : 0370-640380 - 693950

 HP/SMS/WA : +62(0)81.237.812.222 - 081.998.998.777 (24 Jam Online)

Website : http://www.lombok-travel.com

Email: lomboktravel@gmail.com

Copyright © 2007,  Hak cipta di lindungi Undang Undang | LTO Tours